Perkembangan teknologi penerbangan selalu fenomenal. Sebut
saja pertarungan dua pabrikan raksasa pesawat terbang Boeing dan Airbus, yang
terus menggenjot produksi pesawat berbadan bongsor.
Kelak, akan datang era di mana pesawat pesawat tambun
tersebut tak lagi membutuhkan landasan panjang untuk menggelinding di permukaan
Bumi. I Berikut tiga model pendaratan pesawat.
VTOL
Pesawat model vertical take off landing (VTOL) di rancang
agar mampu terbang dan mendarat secara vertikal. Kapal udara ini ditujukan
untuk operasi- operasi yang tak menyediakan area luas untuk lepas landas dan
mendarat. Pesawat berkemampuan VTOL adalah helikopter dan pesawat jet yang
dirancang untuk operasi militer, seperti Harrier, Yak-38, Yak- 141, atau
pesawat tempur JSF. Model pesawat VTOL terbaru didesain dengan sistem
tilted-rotor. Maksudnya, saat posisi. mendarat, posisi baling- baling (rotor)
diubah mengarah ke atas, sementara saat akan lepas landas secara normal, posisi
rotor mengarah sedikit ke depan seperti pesawat propeler. Angkatan Laut AS
mengoperasikan pesawat model ini, VH-22 Osprey.
STOVL
Pesawat short take off vertical landing (STOVL) mampu lepas
landas dengan landasan pendek dan mendarat secara vertikal. Benar, kita akan
berpikir pesawat ini mirip model VTOL. Pesawat ini umumnya hasil modifikasi
antara pesawat konvensional dan pesawat VTOL. Namun, teknologi STOVL lebih
banyak dipakai oleh pesawat militer yang bermarkas di kapal
induk tipe STVOL. Bila pesawat tengah menggotong beban berat, seperti rudal
atau roket sewaktu lepas landas, pesawat akan dibantu peranti peluncuran yang
disebut sky jump. Contoh pesawat yang memiliki kemampuan ini adalah AV-8
Harrier.
CTOL
Ini adalah model pendaratan pesawat yang paling umum, baik
sipil maupun militer. Pesawat conventional take off landing (CTOL) membutuhkan
landasan dengan panjang berdasarkan pertimbangan teknis tertentu untuk terbang
dan mendarat. Panjang landasan umumnya berkisar 1.500-3.000 meter, tergantung
letak geografis dan iklim di lokasi landasan. Semakin tinggi dataran dan
semakin panas lingkungannya, panjang landasan yang dibutuhkan semakin panjang.
Hal itu dipengaruhi tekanan dan kerapatan udara. Pabrikan Boeing dan Airbus
berlomba menciptakan pesawat penumpang berkapasitas besar, tetapi hanya butuh
landasan kurang dari 2.000 meter.
0 komentar:
Posting Komentar